lokakarya keterlibatan pemuda untuk SDGs

JAKARTA – Kedeputian Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan acara “Lokakarya Keterlibatan Pemuda dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang diselenggarakan di Ruang Rapat Utama lantai 2.5 Bappenas, pada Selasa (12/9). Direktur Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga Bappenas, Woro Srihastuti berharap dengan adanya forum ini akan bisa menghasilkan masukan pemikiran yang berguna untuk menyusun mekanisme dan peta jalan pelaksanaan dan pengawasan SDGs/TPB bersama dengan pemerintah.

Indonesia adalah salah satu dari 43 negara yang terdepan dalam pelaksanaan TPB/SDGs di bulan Juni lalu. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Bappenas Subandi saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut. Deputi Subandi mengatakan pemerintah berkomitmen untuk mengajak pemuda berpartisipasi dalam pelaksanaan TPB/SDGs. Komitmen yang kuat dari Indonesia untuk menerjemahkan TPB/SDGs ke dalam kebijakan nasional dan upaya konkret telah diakui secara luas oleh masyarakat global.

“Tahap awal dari implementasi tujuan global tersebut adalah menyusun Roadmap SDGs dan Rencana Aksi TPB/SDGs di tingkat nasional maupun daerah. Penyusunan dokumen ini juga akan dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak. Untuk itu, konsultasi dengan pemangku kepentingan akan dilakukan secara meluas, baik dengan pemerintah, lembaga non-pemerintah, akademisi, swasata/filantropi, dan pada hari ini kita melakukan hal yang sama dengan pemuda,” tutur Subandi. Beliau menambahkan pemuda menjaid penting untuk dilibatkan karena mereka berperan sebagai ujung tombak yang membawa bangsa dan negara pada kemerdekaan, persatuan dan kesatuan.

Acara dihadiri oleh Deputy Representative UNICEF Lauren Rumble, perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga, perwakilan Youth Force Indonesia, perwakilan Indonesia Berbicara, perwakilan UNICEF, perwakilan Aliansi Remaja Independen, perwakilan Koalisi Orang muda untuk TPB, perwakilan beberapa organisasi pemuda lainnya di Indonesia.

Foto Kementerian PPN/Bappenas.

Foto Kementerian PPN/Bappenas.

Foto Kementerian PPN/Bappenas.

 

About the author: 2030youthforce

Leave a Reply

Your email address will not be published.